Taman Lampu Sindu Kusuma Edupark Tempat Wisata Baru di Yogyakarta

Yogyakarta – Light festival atau taman lampu di Sindu Kusuma Edupark Persembahan DREAMPIA INDONESIA menjadi tempat wisata baru di Yogyakarta. Warna-warni lampu dengan berbagai bentuk kreatif dikemas dalam Light Festival menjadi spot menarik untuk selfie di malam hari.

Taman lampu tersebut terletak di kawasan Sindu Kusuma Edupark, Kecamatan Mlati Sleman. Tempatnya tidak jauh dari jalan Magelang. Untuk menuju ke tempat itu bisa melewati Jl Jambon, perbatasan Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Sleman.

” Ada 18 tema lampu yang ditampilkan dalam festival tersebut. Festival ini akan jadi sajian menarik saat libur lebaran dan jadi ajang selfie,” kata Direktur operasional, Gideon Andika Satrio, Sabtu (24/6/2017).

Dia mengatakan light festival ini menggunakan lahan seluas 1,3 hektar dengan teknologi yang didatangkan dari Korea. Ada 18 tema didalam taman lampu mulai dari tema couple, jembatan dan juga tema laut dengan suasana lampu berwarna biru.

“Kita berharap animo pengunjung untuk selfie dan menikmati malam di Yogya ini bisa meningkat lagi,” katanya.

Taman lampu ini memang dipersiapkan untuk menyambut musim libur lebaran. Masuk ke taman lampu ini pengunjung akan dibuat takjub dengan berbagai macam kreasi dari lampu LED yang menghadirkan beragam bentuk dan berbagai efek cahaya.

 

 

Ada yang Baru di Candi Borobudur untuk Liburan Akhir Tahun

Bioskop simulator 4D di Candi Borobudur (Pertiwi/detikTravel)

Magelang – Liburan Natal dan Tahun Baru, enaknya pergi ke Candi Borobudur di Magelang. Ada sejumlah fasilitas baru yang bikin Borobudur makin asyik dikunjungi.

Sejumlah wahana baru disiapkan oleh pengelola Candi Borobudur menjelang masa ramai libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018. Salah satu yang diunggulkan adalah wahana bioskop 4 dimensi (4D).

“Bioskop ini ada di dekat musem kapal di sisi Utara Candi,” jelas Kepala Unit PT Taman Wisata Candi Borobudur (PT TWCB), Chrisnamurti Adiningrum, kepada detikTravel, Senin (18/12/2017).

Chrisna menuturkan, bioskop 4D ini dibuka untuk pengunjung dewasa maupun anak-anak dengan pilihan film yang beragam. Mulai dari film horor, petualangan, balap, jetcoaster, dan lainnya.

“Tidak hanya menonton, pengunjung bioskop juga bisa merasakan sensasi seperti adegan dalam film secara langsung,” ungkap Chrisna.

Bioskop 4D tersebut, saat ini sudah bisa dinikmati oleh para pengunjung. Tiket yang dikenakan yakni sebesar Rp 30 ribu/film selama 7 menit.

Ada yang Baru di Candi Borobudur untuk Liburan Akhir Tahun
Spot selfie bertema kupu-kupu (Pertiwi/detikTravel)

Selain bioskop 4D, PT TWCB juga menyediakan spot-spot menarik bagi pengunjung yang hobi berswafoto. Salah satu yang menarik adalah spot foto di jalan menuju Candi Borobudur.

“Di sepanjang jalan menuju tangga naik candi, ada ratusan kupu-kupu buatan dengan warna yang menarik. Pemandangan ini diperindah dengan latar belakang Candi Borobudur yang megah, cocok untuk berfoto,” terangnya.

Kupu-kupu buatan ini dipasang menggunakan tali di atas jalan sehingga terlihat terbang. Sebelumnya, PT TWCB juga menyediakan spot foto di lokasi sama dengan ratusan payung warna warni yang terlihat menarik.

“Kita juga menyediakan fasilitas lainnya untuk wisatawan pada libur panjang tahun ini yaitu VW wisata ke desa-desa di sekitar candi. Ada juga kesenian rakyat yang siap menghibur, serta museum kapal yang sudah kita perbaiki,” urai Chrisna.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung, PT TWCB akan menambah jumlah personel keamanan.

“Kita sudah roadshow menemui Dandim, Kapolres, Armed. Intinya Borobudur akan dibantu penjagaan oleh aparat. Kolaborasi dengan keamanan internal candi sehingga kondisi menjadi aman dan pengunjung merasa nyaman,” tandasnya.